Pages

Sabtu, 02 Juni 2012

LAPORAN STUDY TOUR TO JAKARTA-BANDUNG


LAPORAN
STUDY TOUR
SMP NEGERI 1 MEJOBO KUDUS
KE JAKARTA – BANDUNG


DISUSUN OLEH :
RAMA BAGUS SINGGALANG BAWANA
KELAS 8H


DAFTAR ISI

I.                  Kata Pengantar
II.               Daftar isi..............................................................................  
BAB I PENDAHULUAN
I.                  Latar Belakang....................................................................
II.               Tujuan Karyawisata...........................................................
III.           Metode dan teknik.............................................................
IV.           Perjalanan Study Tour ke Jakarta dan Bandung.............
BAB II DESKRIPSI OBJEK WISATA JAKARTA
I.                  Monumen Pancasila Sakti.................................................
II.               PP IPTEK...........................................................................
III.           Pantai Karnaval Ancol.......................................................
BAB III DESKRIPSI OBJEK WISATA BANDUNG
I.                  Pemandian Air Panas Ciater..............................................
II.               Gunung Takuban Perahu dan Kawah Ratu......................
III.           Cibaduyut ...........................................................................
BAB IV PENUTUP
I.                  KESIMPULAN..................................................................
II.               SARAN...............................................................................



SMP NEGERI 1 MEJOBO KUDUS

I.                  KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunia dan petunjuknya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan study tour wisata.
Karya tulis ini disusun sebagai sarana pembelajaran dalam pemahaman tentang objek wisata yang telah dikunjungi selama kami melakukan study tour wisata, yang bertempat di Jakarta – Bandung.
Dalam penyusunan dan penulisan karya tulis ini, penulis banyak mendapat bimbingan, bantuan dan dorongan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan kali ini dengan penuh rasa hormat kami mengucapkan terima kasih
kepada :
1.      Orang tua saya yang telah mempersetujui dan memperbolehkan saya mengikuti study tour yang diadakan oleh sekolah
2.      Bapak Muhammad Sholihin Spd.M.si selaku kepala sekolah SMP NEGERI 1 MEJOBO KUDUS yang sudah mengijinkan saya dan teman-teman untuk melakukan study tour.
3.      Bapak dan ibu guru pembimbing, yang telah membimbing kita dalam menyelesaikan laporan ini.
4.      Bapak Lilik Sunaryo S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia.
5.      Teman-teman kelas VIII H
Akhir kata, tak ada gading yang tak retak, maka kritik dan saran yang bersifat menyempurnakan laporan ini dari bapak – ibu guru akan kami terima

                                                                 Kudus, 16 Mei 2012
                                                                             Penulis

                                                         Rama Bagus Singgalang Bawana



BAB I PENDAHULUAN

I.                   LATAR BELAKANG
Sebagai syarat untuk memenuhi mengikuti UAN SMP NEGERI 1 MEJOBO KUDUS tahun ajaran 2012/2013. Siswa-siswi kelas VIII SMP 1 Negeri 1 Mejobo Kudus diberi tugas oleh panitia study tour untuk menyusun yang pernah kami kunjungi kemarin pada tanggal 11-14 Mei 2012.

II.                TUJUAN KARYAWISATA
Adapun tujuan saya menulis laporan ini unuk :
1.      Mengembangkan daya kreatifitas dan pengetahuan siswa.

III.             METODE DAN TEKNIK
Cara membuat laporan ini dengan cara setiap orang menyebar dan mencari data/informasi sebanyak-banyaknya, dengan bertanya kepada pemandu serta mencari beberapa informasi.

IV.             PERJALANAN STUDY TOUR KE JAKARTA DAN BANDUNG
Siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 MEJOBO Tahun pelajaran 2011/2012 telah melaksanakan study tour ke Jakarta dan bandung pada tanggal 11-14 Mei 2012. Siswa-siswi dan pembimbing berangkat pada hari jum’at, 11 Mei 2012 pukul 14.00 WIB. Kami berangkat menggunakan Bus ZENTRUM yang berjumlah 6 buah.
Pada tanggal 12 Mei 2012 pukul 04.00 wib, kami sampai di asrama Islam Islamic Center Bekasi untuk shalat subuh, istirahat, bersih diri dan sarapan
Pada pukul 07.00 wib, kami menuju Monumen Pancasila dilanjutkan menuju PP-IPTEK dan shalat dhuhur , makan siang pada pukul 12.00 wib, selanjutnya menuju ke pantai Karnaval Ancol pada pukul 14.00 wib.
Sekitar pukul 17.30 wib, kami menuju Islamic Center Bekasi untuk bersih diri, shalat Maghrib, makan malam dan melepas lelah.
Tanggal 13 Mei 2012, kami berangkat menuju Tempat pemandian air panas Ciater pada pukul 07.00 wib. Kemudian pukul 12.00 kami menuju ke gunung Takuban Perahu, pada pukul 16.00 wib, kami menuju ke pusat perbelanjaan Cibaduyut.
Setelah puas berbelanja oleh-oleh, kami melanjutkan perjalanan menuju Kudus. Kami sampai di halaman SMP Negeri 1 Mejobo pada tanggal 14 Mei 2012 pada pukul 06.30 wib, dengan selamat.
.


BAB II DISKRIPSI OBJEK WISATA JAKARTA

a.       Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti. Di bawahnya terdapat 7 orang perwira yang menjadi korban Gerakan 30 September 1965.
Monument ini dibangun di atas tanah seluas 14,6 hektar atas prakarsa Presiden ke-2 RI, Soeharto. Dibangun untuk mengingat perjuangan para Pahlawan Revolusi yang berjuang mempertahankan ideology Negara Republik Indonesia, Pancasila dari ancaman ideology komunis.
Monument ini terdapat di sebuah Kelurahan Lubang Buaya, kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Di sebelah selatannya terdapat markas besar Tentara Nasional Indonesia, Cilangkap, sebelah utaranya ada lapangan udara Halim Perdana Kusuma, sebelah timurnya ada pasar pondok Gede, dan sebelah baratnya, Taman Mini Indonesia Indah.
Sumur Tua Lubang Buaya, yang dijadikan sebagai tempat pembuangan jenazah Pahlawan Revolusi.
Sebelum menjadi sebuah museum sejarah, tempat ini merupakan tanah atau kebun kosong yang dijadikan sebagai pusat pelatihan milik partai komunis Indonesia. Kemudian, tempat itu dijadikan sebagai tempat penyiksaan dan pembuangan terakhir para korban Gerakan 30 September 1965.
Di kawasan kebun kosong itu terdapat lubang sumur tua sedalam 12 meter yang digunakan untuk membuang jenazah para korban G30S/PKI. Pada masa itu, tanah di seputar bibir sumur tua berdiameter 75 centimeter itu berwarna merah kecokelatan dan kering.
b.      PP IPTEK
Fungsi PP IPTEK                   :  Sebagai sarana bermain sambil belajar.
Pengertian PP IPTEK                         :  Tempat yang didisain khusus sebagai tempat bermain sambil belajar.
Keberadaan alat peraga
Diluar     : Roda Pesawat dll.
Di dalam :       Tempat ini dibangun untuk mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi terutama bagi mereka yang awal. Di sini kita bisa mencoba berbagai alat yang ada penjelasan keilmuan nya.kurang  lebiah ada sekitar 250 alat peraga yang bisa kita coba.
Alat peraga mulai dari berhubungan dengan listrik, seperti harpa tanpa dawai, pasir magnet. Lalu wahana getaran dan gelombang, dengan alat peraga seperti musik pipa, tabung gossip, gelombang air laut, dll. Masih ada banyak lagi kategori alat peraga, seperti optic, sumber alam dan energy, transportasi antariksa, computer, biologi, dll.
            Tujuan dan sasaran PP-IPTEK :
Untuk menggugah kesadaran dan menumbuhkan apresiasi masyarakat terhadap peranan IPTEK dalam kehidupan modern.
untuk mendorong timbulnya rasa keingintahuan masyarakat terhadap IPTEK.
Untuk memberi gambaran adanya kaitan antara hasil pengembangan IPTEK dengan kemajuan dunia industri dalam kehidupan sehari hari.

 IPTEK berlokasi di wilayah Timur kompleks Taman Mini Indonesia Indah, tepatnya di sebelah selatan Taman Burung atau sebelah barat Monumen KTT Gerakan Non Blok TMII. Keberadaan peragaan IPTEK yang menempati areal tanah seluas 42.300 meter persegi dengan luas lantai bangunan 24.000 meter persegi sangat mudah ditemukan pengunjung TMII karena wujud bangunannya yang khas dan memberi kesan berbeda dengan bangunan disekitarnya. Gedung PP-IPTEK diresmikan penggunaannya untuk masyarakat luas pada tanggal 10 November 1995. 
c.       Pantai Karnaval Ancol


Pantai Karnaval Ancol adalah suatu tempat rekreasi yang dapat kita jumpai di kawasan ancol ini, pantai ini kita dapat menaiki gondola atau kereta gantung yang tempat posnya tidak terlalu jauh dari pantai ini, yang akan membawa kita berkeliling dan melihat keadaan ancol dari atas. Selain itu kita juga dapat menaiki perahu layar dengan membayar Rp.5.000,00- kita akan dibawa berkeliling di laut dan merasakan menaiki perahu layar yang biasanya dipakai nelayan Indonesia mencari ikan.

BAB III DISKRIPSI TEMPAT WISATA BANDUNG DAN SEKITARNYA

I.                   Pemandian Air Panas Ciater
Sari Ater adalah wisata pemandian air panas, di tempat ini terdapat kali-kali kecil buatan yang sengaja di aliri air panas yang tercampur belerang. Kawasan ini berguna bagi kita yang memiliki penyakit kulit dan ingin menyembuhkan penyakit kulit kita. Kawasannya cukup bagus dan terawat. Bagi yang akan menginap di sini juga tersedia hotel yang cukup bagus (Sari Ater Resort & SPA ). Ada juga penginapan-penginapan yang disediakan penduduk sekitar dengan harga yang lebih murah.
Ada banyak sekali kolam-kolam air panas yang bisa kita pakai untuk sekedar merendam kaki atau bahkan mandi, selain bermain air kita juga dapat melihat pemandangan pegunungan dari tempat beristirahat yang disewakan. Sangat menarik jika kita mengajak anak-anak berwisata ke tempat ini. Ada juga fasilitas bermain untuk anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan sepeda air. Di tempat ini kita juga dapat melakukan go-kart, flying fox, APV, dan berbagai permainan menarik lainnya, ada pula rumah hantu untuk kita yang ingin bermain di area gelap.

II.                Gunung Takuban Perahu dan Kawah Ratu

Sejarah gunung Takuban parahu, asal-usul gunung Takuban parahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk mengagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat Perahu dengan waktu yang dibatasi sebelum fajar menyingsing harus sudah selesai, ketika Dayang Sumbi melihat bahwa Sangkuriang hampir menyelesaikan pekerjaannya, ayam jantan berkokok, matahari terbit lebih cepat dari biasanya dan Sangkuriang merasa ditipu. Dengan sangat marah sangkuriang mengutuk dayang sumbi dan menendang perahu buatannya yang hampir jadi ke tengah hutan. Perahu itu di sana dalam keadaan terbalik, dan membentuk Gunung Takuban perahu ( perahu yang menelungkub ).
Gunung Takuban Perahu adalah salah satu objek wiisata alam yang terdapat di daerah Jawa Barat, tepatnya di sekitar 20 km ke arah kota Bandung dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun the di sekitarnya, gunung Takuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter

III.                CIBADUYUT
Pusat perbelanjaan oleh-oleh di bandung adalah di sini cibaduyut, di cibaduyut banyak terjual baju, sepatu, dan oleh-oleh makanan lainnya, cibaduyut adalah pasar penjualan sepatu terkenal di bandung , cibaduyut adalah salah satu pasar sepatu terpanjang di dunia, di mana lokasi tersebut merupakan sentra penjualan sepatu  hasil kreasi para pengrajin yang ilmu pembuatannya didapat secara turun menurun. Pada tahun 1989 pemerintah RI, meresmikan cibaduyut sebagai daerah tujuan wisata.

BAB IV PENUTUP

I.                    KESIMPULAN
Dengan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberi karunia yang sangat besar sehingga aku dan teman-teman kelas 8 bisa melihat semua dan dapat berkunjung ke tempat wisata di Jakarta dan Bandung. Sehingga aku bisa menulis karya wisata ini dengan baik.
Adapun kesimpulan penulis melaporkan karya tulis ini adalah :
1.      Kami selaku penulis sangat senang, karena disetiap tempat yang penulis kunjungi mempunyai kelebihan dan keistimewaan tersendiri.
2.      Penulis dapat berekreasi dengan senang dan berekreasi ternyata sangat penting dalam menambah wawasan serta pengetahuan yang besar bagi kita dengan cara bermain.
3.      Di tanah air ini banyak bermacam-macam objek wisata yang bisa kita kunjungi sebagai sarana bermain dan belajar
II.                  SARAN
Sebagai warga Negara Indonesia harus mengenang para pahlawan karena tanpa jasa mereka kita tidak dapat merasakan kenikmatan yang kita rasakan sekarang. Oleh karena itu, dengan indahnya alam di seluruh Indonesia, sebagai pewaris bangsa para pahlawan yang telah memperjuangkan keindahan tanah air ini maka kita jangan merusaknya.







SMP NEGERI 1 MEJOBO KUDUS


Sumber : www.ramamaurista.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar